Penyu Sisik di Pulau Kakaban
Freedive, Kalimantan, Snorkeling, Travel

Snorkeling Dengan Penyu Sisik di Pulau Kakaban

Cerita perjalanan saya edisi Kepulauan Derawan diawali dari satu pulau ajaib yang bernama Pulau Kakaban. Daya tarik Pulau Kakaban bukan hanya tentang berenang dengan ubur-ubur lucu saja, laut di sekitarnya ternyata juga menyimpan kekayaan biota laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling!

Sebenarnya snorkeling di Kakaban tidak direncanakan sebelumnya, kebetulan pada saat itu cuaca tidak mendukung untuk pergi ke pulau lain karena gelombang sedang tinggi dan mendung. Jadinya pemandu kami, Mas Dede, memutuskan untuk snorkeling di sekitar jetty sambil menunggu cuaca cerah.

0409-2018-0326518307102846087-01
Penyu di dekat jetty Kakaban

Ternyata keputusan sang pemandu sangat tepat. Baru sebentar saja saya nyebur ke laut, saya langsung bertemu dengan penyu! Jujur saja, ini adalah pertama kali saya melihat penyu dengan jarak yang lumayan dekat. Kata Mas Dede, penyu pertama yang saya lihat tadi adalah penyu hijau, jenis penyu yang mudah ditemui. Saya tidak tahu mengapa dinamakan penyu hijau, padahal penyu yang saya lihat sama sekali tidak ada warna hijaunya!

Penyu hijau tersebut sudah menyadari keberadaan saya. Awalnya dia seperti tidak menghiraukan saya, tapi begitu saya lebih mendekatinya untuk memfotonya, eh, dia kabur! Untung saja dia tidak berenang terlalu cepat sehingga saya bisa mengejarnya dari belakang.

0409-2018-083982910366551400275-01

Panorama bawah laut Pulau Kakaban menurut saya salah satu spot snorkeling yang terbaik di Kepulauan Derawan. Karang-karangnya masih banyak yang sehat dan lumayan berwarna-warni, meskipun karang yang berada tepat di bawah jetty banyak yang rusak. Soft coral, karang favorit saya juga banyak di sini. Bahkan di dekat tiang-tiang jetty saya menemukan sekumpulan soft coral berwarna ungu.

0409-2018-092679311373515699824-01
Sayang sekali ada karang yang rusak parah

Ikan-ikan kecil berbagai jenis juga banyak sekali. Ada clownfish dengan anemon lucunya, trigger si penakut, parrotfish yang sedang memakan alga di karang, gerombolan damselfish, serta beberapa batfish pemberani yang selalu membuntuti saya di belakang.

0409-2018-0319654480238342309-01

0409-2018-0301800642384521347-01

Ketika sedang asik memandangi hamparan ekosistem laut yang indah, tiba-tiba saja Mas Dede memanggil saya dan memberitahu bahwa ada penyu lain yang sedang berlindung di balik karang. Dengan perlahan-lahan saya mencari sisi yang bagus lalu menyelam ke bawah. Posisi penyu tersebut ada di balik karang besar tepat di pinggir palung, saya menyelam ke dalam dengan harapan ketika saya naik langsung berada di hadapan penyu. Lumayan jika berhasil dapat memfoto penyu dari jarak sangat dekat.

Penyu Sisik di Pulau Kakaban
Penyu Sisik!

Harapan tidak sesuai kenyataan, penyu itu dapat menyadari kehadiran saya dari jauh dan langsung mengeluarkan jurus seribu langkah…wusssss…ayunan kakinya melesatkan si penyu menjauh dari saya. Sungguh ajaib, meskipun tidak close-up dengannya, melihat bagaimana dia lari sudah menjadi kenangan indah buat saya.

Mas Dede memberitahu saya bahwa penyu yang kedua barusan saya lihat adalah penyu sisik, penyu yang sangat langka! Kali ini jelas kenapa dinamakan sisik karena pola tempurungnya yang terlihat seperti sisik ikan. Saya sedih begitu mengetahui penyu sisik dikategorikan terancam punah hanya karena diburu untuk diambil tempurungnya untuk dijadikan hiasan!

Di zaman modern sekarang, bukan hanya perburuan illegal saja yang dapat menjadi ancaman bagi penyu. Sampah, perubahan iklim, dan overfishing bisa membuat jumlah penyu semakin berkurang.

Pantai di Pulau Kakaban
Pantai di Pulau Kakaban

Dari kejauhan gelombang laut terlihat sudah tenang dan sinar matahari kembali bersinar terang. Kami pun menyudahi snorkeling dan bersiap untuk melanjutkan aktifitas kami selanjutnya. Sungguh pengalaman yang indah snorkeling di Pulau Kakaban!

Let’s Explore the Beauty of Indonesia, Be Responsible Traveller!

-The Spiffy Traveller-

 

Advertisements

1 thought on “Snorkeling Dengan Penyu Sisik di Pulau Kakaban”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s