Kuranda Scenic Railway, Cairns, Australia
Air Terjun, Australia, Cairns, Travel

Explore Cairns #2 : The Kuranda Scenic Railway

Pernahkah anda merasakan naik kereta membelah hutan yang jalurnya berada di pinggir lembah? Kalau belum pernah, sekarang saya bagikan cerita pengalaman pertama saya naik kereta Kuranda Scenic Railway. Kereta wisata yang dirancang khusus untuk traveler yang ingin merasakan lebih dekat dengan bentang alam dan hutan tropis a la Australia.

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Gate to the train station!

Cerita ini merupakan lanjutan dari cerita sebelumnya yaitu naik gondola Skyrail Cableway. Setelah “terbang” di atas hutan, kali ini saya akan “merayap” ke dalam hutannya!

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Ini keretanya, keren ya.

Stasiun kereta berada tepat di samping stasiun Skyrail. Seperti yang saya sudah bilang sebelumnya, karena sedikit waktu yang tersedia, saya membatalkan acara jalan-jalan keliling Desa Kuranda lalu langsung pergi ke stasiun kereta. Stasiunnya tidak besar, ada 2 sepur, yang satu jalur untuk rute Cairns-Kuranda, satunya lagi rute sebaliknya. Jadi, sebenarnya kereta ini juga adalah moda transportasi saya untuk kembali ke Cairns. Jalur pulang dan wisata sekaligus.

Kuranda, Cairns
Stasiun Kuranda Scenic Railway
Kuranda Scenic Railway, Cairns, Australia
The train, looks cool!

Tidak terlihat banyak wisatawan sejak di Skyrail, jadi saya berpikir bahwa kereta akan memiliki banyak bangku kosong yang bisa saya pakai untuk mendapatkan angle foto yang bagus. Ternyata tidak begitu, di dalam kereta sudah penuh dan saya harus duduk sesuai nomor kursi. Setidaknya saya bisa dapat di pinggir jendela *ngambilkursikakak

LRM_EXPORT_20171219_181757-01
Interior kereta

Keretanya ini keren menurut saya. Eksterior dan interiornya menyerupai keadaan kereta di zamannya dulu, unik. Di dalam kereta panas sekali. Sepanas diriku roti yang lagi di dalam oven begitu. Tapi suasana berubah ketika kereta mulai berjalan.

Tuut tuut tuuuttttt!

Jegrek jegrek…jegrek jegrek

Suara lokomotif dan klakson khas kereta zaman now dulu merubah suasana, membangunkan seisi hutan. Angin segar dari hutan bagaikan AC pada saat itu. Karena judulnya kereta wisata, jadi kereta ini berjalan dengan lambat. Di awal perjalanan hanya pepohonan di kiri dan kanan, sesekali melewati sungai kecil yang kering. Beberapa waktu kemudian barulah kereta memasuki jalur favoritnya, di dekat lembah! Sesuai dengan namanya “scenic” yang berarti selama perjalanan kereta saya bisa melihat pemandangan yang bagus.

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Naik kereta menyusuri hutan hujan!

Mulailah terlihat hamparan permadani hijau serta barisan bukit-bukit asri. Semilir angin sejuk, udara segar hutan hujan, dan pemandangan bukit-bukit ini benar-benar membuat saya terhipnotis. Suasananya tenang (selain suara berisik gesekan rel kereta), sesekali ada pemberitahuan dari guide melalui speaker yang menceritakan tentang sejarah perhutanan Kuranda. Saya mencoba untuk lebih dalam menikmati suasana nikmat ini, lalu saya memejamkan mata, tapi eh malah tertidur pulas, mangap pula.

Sedang asyik memimpikan gadis cantik, tiba-tiba saya terbangun oleh suara pengumuman bahwa kereta sebentar lagi akan berhenti. Duh, lagi enak tidur diganggu!

Kereta berhenti di spot pertama, yaitu sebuah tebing yang menghadap Barron Gorge Falls. Air terjun ini adalah air terjun yang sama dengan yang saya lihat dari gondola. Tapi di sini saya bisa melihat dengan jelas dan luas.

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Barron Gorge Falls pada musim panas.

Lagi memoto air terjun, tiba-tiba ada orang India yang menghampiri saya.

“Bisa kamu foto saya?”, tanya dia dalam bahasa inggris (kan ga mungkin bahasa Indonesia ya kan). Dia pun menyerahkan kamera DSLRnya. Waduh belom pernah nih megang DSLR, tanpa bertanya saya langsung foto dia (masih sedikit ngantuk). Setelah saya foto, dia langsung melihat hasilnya. Lalu seperti biasa bilang “Ok, thanks.” sambil sedikit menggelengkan kepalanya dan langsung pergi menjauh (lari bro!). Tidak yakin sih apa maksudnya itu, tapi saya pikir mungkin hasil foto saya jelek haha maaf ya.

Hanya sekitar 10 menit kereta berhenti, sehabis itu melanjutkan perjalanan lagi. Tidak sampai semenit, nguap lagi. Oh iya, ini hari pertama saya di Autralia, malamnya begadang tidak bisa tidur di pesawat, hari yang menyenangkan sekaligus melelahkan!

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Ini air terjunnya keren banget! Pas di samping kereta.

Saya terbangun lagi dari mimpi, kali ini mimpi snorkeling. Dari speaker diberitahu bahwa sebentar lagi kereta akan melewati sebuah air terjun kecil yang berada tepat disamping kereta! Kali ini kereta tidak berhenti sebagaimana sebelumnya, kereta hanya berjalan perlahan. Wow, unik sekali, air terjunnya imut, kecil tapi sangat instagramable karena berada di tebing dan kereta berada di atas jembatan. Inilah spot yang paling terkenal untuk mengambil foto.

Kuranda Scenic Railway, Cairns, Australia
Keretanya panjaaaang

Setelah dua spot air terjun, kereta sedikit berjalan lebih cepat karena jalur kereta sudah di tanah datar. Itu artinya sudah sebentar lagi akan sampai di Cairns. Sebelum memasuki kota, pemandangannya berubah menjadi perumahan dan kebun. Jangan membayangkan seperti perumahan di dekat jalur kereta di Indonesia ya (ga banget deh), di Cairns, rumah-rumahnya besar dan sangat terlihat asri menyatu dengan alam. Sebagian besar rumah terlihat sudah memakai solar cell untuk penghasil listrik, keren! Perkebunannya pun sangat rapih. Ingin rasanya untuk tinggal di sana.

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Perkebunan tebu

Melihat pemandangan yang benar-benar menyejukkan membuat saya ingin berlama-lama di dalam kereta. Lalu kereta berhenti di Stasiun Freshwater, stasiun sebelum Cairns, banyak wisatawan yang turun membuat kereta menjadi sangat kosong, yes! Lumayan, saya bisa menyelonjorkan kaki dan bersantai menikmati detik-detik sebelum perjalanan ini resmi berakhir.

Kuranda Scenic Railway, Cairns
Sampai di Stasiun Cairns, good bye!

Setelah dua jam menyusuri bentang alam Kuranda, kereta sampai di Stasiun Cairns. Sungguh petualangan yang seru hari itu, naik gondola dan kereta yang semuanya sangat baik serta lancar. Lalu saya kembali ke hotel untuk beristirahat bersiap untuk petualangan selanjutnya ke Great Barrier Reef!

Let’s explore the world while you can

-The Spiffy Traveller-

Follow my Instagram @thespiffytraveller for more photos and stories!

Advertisements

18 thoughts on “Explore Cairns #2 : The Kuranda Scenic Railway”

  1. Cairns ini nyaris kalah publikasi dengan kota-kota besar di Australia yah. Padahal suasana pedesaan dan kereta wisatanya menjual banget! Jadi kebayang Indonesia juga berani aktifin jalur kereta wisata rute Cepu-Blora yang menerobos hutan pohon jati, pasti nggak kalah keren. 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s