Piaynemo, Raja Ampat
Beach, Papua, Travel

Stunning Piaynemo

Pengen ke Wayag tapi terlalu jauh dan mahal? Tenang, masih ada Piaynemo yang tidak kalah indahnya. Piaynemo disebut juga dengan miniatur Wayag karena pemandangan dari puncaknya yang sama indahnya. Walaupun menurut saya sama sekali tidak ada kemiripan antara Wayag dan Piaynemo. Kesamaannya hanya terdapat jejeran pulau-pulau kecil dalam satu pemandangan.

Kalau anda jalan-jalan ke Raja Ampat, harus menyempatkan diri untuk ke Piaynemo. Bisa dibilang, belum ke Raja Ampat kalau belum melihat Piaynemo. Piaynemo sendiri berada dalam gugusan Pulau Fam. Jaraknya tidak jauh dari pusat keramaian wisata seperti Desa Arborek, Pulau Kri, dan, Waisai. Karena itu lah Piaynemo jangan sampai terlewatkan.

Baca juga :ย Wayag, Keindahan yang Sempurna!

Saya pergi ke Piaynemo langsung dari Wayag karena satu jalan dalam perjalanan pulang ke Pulau Kri. Waktu itu permukaan laut sangat tenang, tidak ada riak yang terlihat di permukaan air. Paling suka deh jalan-jalan di laut kalau cuaca bersahabat.

Begitu memasuki kawasan Pulau Fam, air laut terlihat mulai berubah warna menjadi kehijauan. Saya pun bingung mengapa warna laut di kawasan ini berwarna hijau. Menurut pengamatan saya, laut di sini sepertinya tidak berarus. Jadi air laut tidak bergerak cepat yang menyebabkan banyak ganggang yang bertumbuh dan merubah warna air menjadi hijau.

Piaynemo Raja Ampat

Dermaga Piaynemo letaknya tersembunyi di balik bukit karts. Dermaganya tidak besar, hanya ada pintu masuk dan tempat penjualan souvenir. Waktu itu kami beruntung, pada saat itu hanya kapal kami yang bersandar, artinya hanya ada rombongan kami saja, tidak ada wisatawan lain! Di tempat seperti ini faktor keramaian adalah satu hal penting, dengan tidak ada wisatawan lain kami bisa bebas melakukan hal apapun tanpa harus terganggu dan mengantri untuk berfoto.

Piaynemo, Raja Ampat1907-2017-085034559523479068-min

Di Piaynemo tidak perlu untuk bersiap-siap terlebih dahulu untuk naik ke puncaknya. Tidak perlu bawa air minum, tas, dan bahkan bisa nyeker. Itu karena sudah ada fasilitas tangga kayu yang kokoh berdiri di atas karts. Begitu turun dari kapal saya pun langsung naik tangga dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai di atas!

Sampai di atas rasa penasaran saya berakhir sudah. Pemandangannya sangat indah. Perpaduan pulau-pulau kecil dengan warna laut hijau tosca membuat Piaynemo sangatlah menakjubkan.

Piaynemo Raja Ampat
Pemandangan indah dari Puncak Piaynemo
Piaynemo, Raja Ampat
Keren ya?

Tidak salah Presiden Jokowi rela jauh-jauh ke sini dan menikmati pesona Piaynemo. Tidak salah juga Piaynemo masuk menjadi background uang kertas seratus ribu!

Di atas, kami semua menyempatkan untuk berfoto bersama. Akhirnya kali ini kami semua satu rombongan bisa berfoto bersama-sama, karena hal itu sangat mustahil dilakukan di atas puncak Wayag. Keluarga saya, keluarga Ibu Anita, dan semua guide Papua Diving berfoto bersama. Kejuuuu!!

Piaynemo Raja Ampat
Elang laut Raja Ampat

Ada dua puncak di Piaynemo yang bisa dinaiki, satu lagi adalah spot laguna bintang. Di sana kita bisa melihat dari atas susunan karts dan laut dengan bentuk menyerupai bintang. Namun sayang waktu itu saya belum berkesempatan melihatnya.

Piaynemo Raja Ampat

Sedikit kecewa karena pada saat itu langit berawan dan matahari menyorot dari depan sehingga pemandangan ke bawah menjadi sedikit gelap. Walaupun begitu saya sangat senang bisa mendaki ke puncak dan melihat keindahan Raja Ampat dari dua tempat terbaik, Wayag dan Piaynemo.

Piaynemo Raja Ampat

Sebelum pulang kami sempatkan untuk melihat-lihat jualan para pedagang di dermaga. Memang tidak banyak pedagang yang ada di situ, hanya 4 orang saja. Ada yang menjual kelapa muda, minyak VCO (Virgin Coconut Oil) asli Raja Ampat, kerang-kerangan, dan minuman. Bahkan waktu itu ada yang menjual kepiting kelapa (yang menurut saya itu dilindungi)

Pilihan kami jatuh pada penjual VCO. Ternyata VCO ini adalah hasil jerih payah orang Raja Ampat, tidak dijual di mana pun, eksklusif untuk dijual di Piaynemo. Katanya, mereka bisa membuat VCO ini karena bantuan dari orang Jerman yang pernah datang ke Raja Ampat. Orang Jerman itu membantu dalam pelatihan, bahan baku hingga finansial. Salut! *langsungdiborong *citailahplodukplodukindonesiaaa

Let’s Explore the Beauty of Indonesia

Travel with Respect

-The Spiffy Traveller-

 

Travel Notes:

Dimana itu Piaynemo/ Raja Ampat?

Piaynemo adalah salah satu kepulauan yang termasuk dalam kawasan konservasi Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Dapat ditempuh sekitar 2 jam 30 menit dari Sorong atau 1 jam dari Pulau Kri dengan speedboat.

Bagaimana cara kesana?

Piaynemo atau Raja Ampat dapat dicapai melalui pesawat udara dari beberapa kota besar di Indonesia.

Jakarta :

  • Direct flight Jakarta-Sorong (Nam Air & Express Air)
  • Jakarta-Makassar-Sorong (Garuda, Batik Air, Sriwijaya)
  • Jakarta-Ambon-Sorong (Lion Air)

Manado :

  • Direct flight Manado-Raja Ampat (Waisai) (Wings Air)
  • Manado-Sorong (Garuda, Lion Air)

Sorong :

  • Ferry atau kapal cepat Sorong-Waisai
  • Pesawat Wings Air Sorong-Waisai (Raja Ampat)

Setiba di Sorong/Waisai bisa menyewa kapal/speedboat menuju Piaynemo. Penyewaan kapal bisa melalui homestay tempat kita tinggal atau membeli paket trip ke Piaynemo.

 

Kapan Waktu Terbaik Ke Piaynemo/Raja Ampat?

Waktu terbaik ke Wayag/Raja Ampat adalah dari bulan Oktober-April. Hindari bulan sekitar Juni-Agustus karena terjadi gelombang tinggi.

 

Barang yang Harus Dibawa? ย 

Tidak ada barang khusu yang anda harus bawa ke Raja Ampat. Hanya mengingatkan sebaiknya bawalah tas anti air (dry bag) untuk melindungi barang elektronik, sunscreen, kaca mata hitam, lotion anti nyamuk, senter dan cemilan kalau suka lapar dijalan ๐Ÿ™‚Kamera? Ya, jangan lupa mendokumentasikan perjalanan anda, siapkan kartu memori yang besar ya!

Hal-hal penting lainnya?

  • Jangan lupa membayar kontribusi Pin Raja Ampat ( WNI : Rp 500.000,- WNA/Foreign Rp 1000.000,-).
  • Bawa obat anti serangga.
  • Jagalah kebersihan lingkungan dimana anda berada, be responsible traveller! ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย 
Advertisements

8 thoughts on “Stunning Piaynemo”

  1. Cantik banget ya Bay. Tapi menurutku gak secantik Wayag, apa ini hanya perasaan semata? hahaha. Biaya Pinnya lumayan. Kira2 duitnya lari ke mana ya? penasaran euy ๐Ÿ˜€

    Like

  2. saya kira Piaynemo dan Wayag itu daerah sama .. dasar ndeso
    jadi tahu deh .. kalau mau “paket hemat” cukup pergi ke Piaynemo. Ini aja menurut saya sih kece sekalee

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s