Beach, Island, Papua, Snorkeling, Travel, Village

Snorkeling dengan Pari Manta dan Mengunjungi Desa Arborek

Ada yang tak biasa dalam cerita perjalanan saya kali ini. Snorkeling melihat kehidupan bawah laut itu sudah biasa, melihat ikan berukuran kecil sampai sedang berseliweran lalu memotret warna-warni terumbu karang. Berenang dengan ubur-ubur tak menyengat? Biasa, saya sudah pernah melakukannya.

Cerita yang tak biasa itu adalah snorkeling dengan pari manta. Tentu saja ini adalah pengalaman pertama saya bertemu dengan makhluk ini dan juga salah satu bucketlist saya. Beruntung saya bisa menyelesaikan bucketlist ituย ketika perjalanan ke Raja Ampat. Awalnya tidak mengira punya kesempatan bertemu pari manta. Karena dari yang saya tahu ikan ini bukan ikan biasa alias langka yang hanya di waktu tertentu kita bisa melihatnya.

Pak James memberitahu saya bahwa di Raja Ampat hampir setiap saat kita bisa ketemu dengan manta. Bahkan, pernah pari manta berenang di sekitar jetty dan pantai Pulau Kri! Betapa kayanya Raja Ampat.

IMG_20170329_085749_141
A good day to snorkel with mantas

Lalu jadilah kami pergi ke Manta Sandy, tempat di mana pari manta suka berkumpul di dekat Pulau Arborek. Kami pergi di pagi hari sekali, karena katanya ikan ini tidak terlalu suka matahari dan kalau pagi mereka berenang di permukaan untuk makan.

Di perjalanan, saya sedikit gugup. Bagaimana sih wujud ikan ini? Apakah mereka bisa menggigit? Pak James menenangkan saya dan berkata bahwa nanti dia akan menemani saya turun. Namanya juga pertama kali ya..

Sesampainya di Manta Sandy, kapal belum berhenti, Nando dan Kak Jovan sibuk mencari tanda-tanda sang pari manta sedangkan Pak James terus mengatur kecepatan kapal.

“Itu dia tuh mantanya, itu yang kelihatan sirip punggungnya..” teriak mereka bertiga sambil membantu kami menunjukkan keberadaan manta tersebut.

Sedikit susah untuk melihat tonjolan sirip kecil di laut, apalagi belum pernah melihat sebelumnya. Akhirnya setelah kapal sedikit mendekat, terlihatlah sirip itu. Berjalan kesana-kemari, timbul dan tenggelam. Bentuknya seperti sirip ikan hiu, tapi ini jauh lebih kecil.

Melihatnya dari atas kapal membuat saya semakin penasaran. Awalnya berniat untuk terjun langsung ke laut, tapi tiba-tiba jadi berpikir dua kali untuk terjun pertama kali. Bukan takut, alasannya adalah mempersilahkan dahulu orang yang lebih berpengalaman untuk terjun lebih dahulu..#AlasanYangCerdas

Byurrrrr!

Akhirnya saya terjun dan berenang mengekor di belakang Pak James. Ikan pari yang tadi kami lihat dari atas kapal sudah berpindah jauh. Jantung berdebar-debar, apakah ini yang dikatan cinta? penasaran bagaimana rupa si manta.

YDXJ0423
Black Manta

Tidak lama kemudian terlihatlah ikan raksasa itu. Badannya besar dan lebar, warnanya ada yang hitam pekat dan putih. Kira-kira ada lima ekor yang sedang berenang menuju ke arah kami. Gaya renang pari manta sangatlah anggun, badannya mengayun-ayun bagaikan burung yang terbang di udara. Geraknya pelan seperti mengikuti irama lagu. Mulutnya besar dan terbuka lebar sekali. Ternyata pada saat itu mereka sedang sarapan!

YDXJ0417
White Manta

Maaf mengganggu sarapannya ya manta, kami hanya ingin mengambil gambar lalu upload di Instagram biar gaul dan kece.

Jarak pandang di dalam laut sangat kabur. Banyak seperti bintik-bintik putih di sekitar kami. Tanpa ditanya, Pak James memberitahu bahwa ini karena jumlah plankton yang sangat banyak, dan plankton inilah yang menjadi makanan sarapan si manta.

YDXJ0421
Manta genit yang mendekati saya

Ada satu manta berwarna hitam yang paling besar diantara kawanannya yang tiba-tiba berenang mendekati saya. Entah kenapa dia membuka lebar-lebar mulutnya sambil berenang semakin mendekat ke saya. Jantung mulai berdebar kencang, kali ini memang benar-benar takut. Saya pun diam, menyodorkan kamera ke depan dan bersiap untuk memfoto. Jaraknya sudah tinggal beberapa meter dari saya. Dia terus mendekat dan mendekat hingga jarak hanya beberapa centimeter dan dalam sekejap manta itu menukik ke bawah.

Luar biasa!

Saya tidak tahu apakah manta itu mengira saya adalah plankton (raksasa) dan tersadar begitu mendekat ternyata seorang pria yang tulus hatinya dan masih polos atau dia hanya membuat manuver tersebut agar saya bisa mengabadikannya. Itu adalah pengalaman yang menakjubkan!

YDXJ0439

Tapi pari manta adalah ikan yang penakut. Sedikit saja saya melakukan gerakan yang tiba-tiba, manta itu bergerak menjauh dalam sekejap. Mungkin melihat manta dengan cara diving lebih nyaman dan bisa melihatnya lebih lama.

YDXJ0414
Amazing!

Kawanan pari manta itu berangsur-angsur berenang semakin dalam ke lautan. Itu tandanya mereka sudah selesai sarapan, siap untuk kembali mengarungi lautan luas. Kami pun kembali ke kapal dengan suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Rasanya ingin berlama-lama melihatnya, mengagumi ciptaan Tuhan yang sungguh hebat.

YDXJ0443_20170416151314591
Freedive lebih dalam di Manta Sandy

YDXJ0447_20170416151140506

Manta Sandy, lokasi snorkeling dengan manta sangat dekat dengan Pulau Arborek yang terkenal itu. Jadi sebenarnya orang yang snorkeling dengan manta di sini juga bisa dibilang snorkeling di Arborek, karena maskot desa Arborek adalah pari manta. Lalu kami pun melanjutkan perjalanan menuju Arborek.

Setelah sampai di dermaga, terlihat ada beberapa phinisi dan kapal pesiar yang berlabuh. Katanya semua tamunya sedang diving di sekitar pulau. Suasananya tidak terlalu ramai, hanya ada beberapa warga di pos dan pemandu-pemandu wisata yang sedang menunggu tamunya.

LRM_EXPORT_20170416_214719
Narsis dulu lah!

Arborek adalah salah satu bucketlist saya di Raja Ampat. Kalau sudah ke sini saya harus mencoba untuk snorkeling di bawah jetty, selama ini saya lihat di Instagram dan sekarang sudah di depan mata.

Air laut sangat bening sekali. Gerombolan ikan dapat terlihat jelas dari permukaan. Benar saja, setelah saya menceburkan diri, tepat di bawah saya ada gerombolan ikan yang sangat banyak, mungkin ribuan jumlahnya. Ikan-ikan ini bergerak lambat mengitari tiang-tiang pondasi jetty dan sangat photogenic. Memang, gerombolan ikan ini yang menjadi ciri khas dari Desa Arborek dan desa-desa lainnya di Raja Ampat.

YDXJ0477
Schooling fish under the jetty
YDXJ0641
Soft Coral

Selain schooling fish, soft coral yang berwarna-warna turut menarik perhatian. Letaknya bukan di dasar laut, tetapi di permukaan tiang-tiang jetty. ย Walaupun karang-karang di sekitar jetty banyak yang sudah rusak, pemandangan bawah laut di sekitar jetty lumayan indah. Mudah-mudahan ada program rehabilitasi karang agar kembali indah seperti sediakala.

Baca juga cerita snorkeling di jetty yang tidak kalah menarik diย Little Village of Sauwandarek

YDXJ0483
Snorkeling view at Arborek

Sudah asyik snorkeling, saya mencoba pergi ke dalam desanya sekalian mencari toilet. Suasananya berbeda dari dermaga, sangat sepi, hampir tidak ada orang terlihat. Mungkin pada siang itu anak-anak dan warga desa sedang bersekolah dan melaut. Desa Arborek ini sangat rapih dan bersih, pasti sangat nyaman untuk ditinggali. Panas terik matahari di pantai sepertinya tidak sampai ke dalam desa. Pohon-pohon rindang banyak ditanam di sekitar rumah-rumah yang membuat suhu lebih sejuk dibandingkan di pantai.

Tidak banyak waktu yang kami habiskan di Arborek. Sebelum hari mulai sore kami harus kembali mengarungi lautan dan kembali ke Pulau Kri. Perjalanan hari itu usai sudah. Hari yang sangat seru dan mendebarkan. Beberapa keinginan saya akhirnya juga sudah tercapai. Semoga bisa berkesempatan lagi melihat pari manta!

Let’s Explore the Beauty of Indonesia

-The Spiffy Traveller-

Travel Notes:

Dimanakah Manta Sandy/Arborek?

Manta Sandy dan Desa Arborek berada di Pulau Arborek, Raja Ampat. Pulau Arborek letaknya berseberangan (tapi jauh) dengan Pulau Kri. Sekitar 20 menit dari Pulau Kri, 15 menit dari Pulau Mansuar, dan 40 menit dari Waisai.

Apa saja yang bisa dilakukan disana?

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Arborek seperti, snorkeling di sekitar jetty (wajib), snorkeling dengan pari manta (wajib), berjalan keliling desa, foto-foto di pantai, dan berbincang-bincang dengan orang desa.

Apakah ada Dive Center di Arborek?

Ya, ada satu dive center bernama Arborek Dive Shop.

Apa saja yang perlu dibawa?

Bawalah makanan ringan, permen atau snack untuk dibagikan kepada anak-anak, mereka pasti senang. Siapkan peralatan snorkeling anda. Bawalah apa yang perlu untuk anda karena disini tidak ada warung/toko.

Apakah ada homestay/penginapan di Arborek?

Ada sekitar 7 homestay yang saya tahu di Arborek. Untuk informasi lebih lengkap bisa lihat di website Stay Raja Ampat.

Ada tips snorkeling dengan manta?

Sebenarnya tidak ada tips khusus snorkeling dengan manta. Hanya perlu untuk jaga jarak dan jangan menyentuh/memegang manta karena itu bisa berdampak negatif bagi si manta. Jangan lupa untuk bergerak secara perlahan dan jangan mengagetkan karena manta bisa takut lalu berenang menjauh.

Advertisements

20 thoughts on “Snorkeling dengan Pari Manta dan Mengunjungi Desa Arborek”

  1. arborek ini kemaren gak sempat berlama di sana snorkeling soalnya arusnya kenceng banget. tapi aku penasaran sama ikan yang banyak itu ๐Ÿ˜€ kalau dikelilingi sama si ikan bisa dimakan juga ya ๐Ÿ˜€

    Liked by 1 person

  2. Ooh berarti aku beruntung ya, soalnya waktu snorkeling seperti tidak ada arus sama sekali..
    Baru kali ini bisa snorkeling sama ikan sebanyak itu koh, ikannya ga takut ada kita lagi..

    Like

  3. Oh iya disana juga ada manta. Sebenernya sih hampir di semua tempat ada hehe
    Sama, aku juga baru kali ini bisa ngeliat gerombolan ikan segitu banyak ๐Ÿ˜ƒ

    Like

  4. Tiap kali lihat foto Bayu di IG, langsung ngegelinjang *apasih haha, mupeng banget bisa lihat keindahan bawah laut sekeren itu. Btw, fotonya pake kamera apa Bay?

    Liked by 1 person

  5. Haha makasih banyak om..
    Tahun lalu sih masih pake Nikon, tp sekarang pakenya xiaomi yi 4k..lumayan bagus action camnya, mirip gopro gitu om..โ˜บ

    Like

  6. ngerasain bangat apa yang kamu tulis ketika ketemu manta. waktu mulut mantanya terbuka lebar di komodo ngerasa bakalan disedot hidup-hidup ama tuch manta. duh kebanyakan berhalusinasi. tapi yang namanya pengalaman pertama kali yach begitu dech hehehehe. lihat manta dari dekat langsung kagok.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s