Curug Putri Pelangi Bogor
Air Terjun, Travel, Weekend Getaway

#WeekendGetaway : Curug Putri Pelangi Bogor

Kota Bogor merupakan kota yang biasa menjadi tujuan orang Jakarta melepas penatnya hiruk pikuk kota besar. Selain jaraknya yang sangat dekat, Bogor punya banyak objek wisata alam sepeti curug (air terjun). Mendengar kata curug pasti setiap orang memikirkan berbagai nama curug, itu karena di Bogor terdapat banyak sekali curug. Bisa dibilang kota seribu curug deh…

Kali ini untuk mengisi waktu long weekend saya dan beberapa teman pergi ke salah satu curug di kaki Gunung Salak, namanya Curug Putri Pelangi. Kalau salah dalam penulisan namanya bisa berarti curug yang berbeda lho..

Curug Putri pelangi Bogor
Pemandangan selama perjalanan menuju curug

Lokasinya kalau dilihat di maps sedikit terpencil. Beda dengan curug-curug besar lainnya, Curug Putri Pelangi sepertinya tidak terlalu terkenal. Sama seperti di berbagai objek wisata di Indonesia, kurangnya rambu atau penunjuk lokasi menjadi kendala utama. Kalau tidak aktif bertanya pada warga sekitar mungkin anda bisa tersesat.

Curug Putri Pelangi Bogor
Kondisi Jalanan

Beruntung teman saya sudah beberapa kali ke curug ini, perjalanan pun berjalan mulus, walau tak semulus jalanannya. Akses menuju curug bisa dibilang seperti arena off-road, hanya bisa dilewati oleh mobil 4×4 atau motor. Motor biasa pun akan mengalami kesusahan melewatinya, apalagi waktu sehabis hujan.

dsc_0451

Curug Putri Pelangi Bogor

Akhirnya sampailah saya di gerbang masuk curug. Tidak ada orang atau penjaga sama sekali. Maklumlah, saya sampai disana masih pagi sekali. Perjalanan belum selesai, masih ada sekitar 200 anak tangga menurun yang harus dilewati. Tidak ada jalan lain menuju curug, jika mau cepat ya silahkan berguling ke bawah ๐Ÿ˜€

Bisa dibilang curug ini letaknya tersembunyi, letkanya persis di lembah kekelaman sempit yang ditutupi oleh pohon-pohon lebat. Begitu sudah menapaki anak tangga ke-150an (kaya ngitung aja) barulah tedengar suara khas air terjun.

Curug Putri Pelangi Bogor
Curug utama

Curug Putri Pelangi memang seimut namanya. Curugnya tidak besar, ada terdapat 3 air terjun yang airnya dialirkan ke sebuah kolam. Kebetulan, waktu saya kesana air kolam curug tersebut sedang dikuras. Wah, air terjun pake dikuras segala ya….

Tidak banyak aktifitas yang saya lakukan disini. Hanya foto-foto sebentar, duduk dan istirahat sejenak sebelum berjuang naik tangga lagi. Ohiya, di curug ini fasilitasnya sudah lengkap. Ada bangunan untuk toilet dan beberapa warung yang menjual makanan.

Curug Putri Pelangi Bogor
Tangga menuju ke curug

#WeekendGetaway pun selesai, menurut saya curug ini lumayan lah buat mengisi waktu akhir pekan. Sebenarnya ada banyak curug-curug lain yang tidak jauh dari Curug Putri Pelangi ini. Sepertinya saya harus mempersiapkan rencana berikutnya untuk mengeksplor keindahan Bogor lewat curug-curugnya.

Let’s Explore the Beauty of Indonesia.

-The Spiffy Traveller-

Notes :

  • Curug ini bisa ditempuh dari kota Bogor ke Cijeruk via Batu Tulis. Setelah ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  melewati puskesmas Cijeruk, belok kiri sesuai rambu petunjuknya (ada papan namanya). Jalannya lumayan susah karena banyak terdapat cabang jalan.
  • Disarankan bawa kendaraan sendiri (mobil 4×4 atau motor) dan seringlah bertanya kepada warga apabila kesulitan jalannya.
  • Biaya masuk waktu saya kesana tidak ada karena masih pagi, belum ada yang jaga ๐Ÿ˜€ Jam buka dan tutup adalah dari jam 08.00-16.30.
Advertisements

22 thoughts on “#WeekendGetaway : Curug Putri Pelangi Bogor”

  1. Wah, bisa ya kolam curug dikuras airnya. Tapi jadi jernih banget itu, kalau pas penuh dan baru selesai dikuras pasti enak banget buat mandi, hehe. Pemandangannya juga bagus, saya suka kalau bisa melihat gunung-gunung yang jauh dari tempat saya berada. Rasanya pandangan pol banget dan bisa menyaksikan semua di kejauhan. Bogor memang banyak curug ya, rasanya perlu nih didatangi satu per satu, hehe.

    Liked by 2 people

  2. Iya, baru kali ini aku tau ada kuras-menguras curug. Ternyata memang ada saluran pembuangan yang bisa dibuka tutup. Jadi pas air sudah mulai keruh, petugas disana akan membuka penutup kolam dan air keluar semua diganti dengan yang baru ๐Ÿ™‚

    Liked by 1 person

  3. Halo mas, maaf baru balas commentnya.
    Kalo kesini pake sepeda MTB mas biar seru, soalnya jalanannya off road gitu. Waktu itu juga ada beberapa orang yang ke curug pake sepeda ๐Ÿ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s