Karimunjawa
Beach, blog competition, Island, Jawa, Jawa Tengah, Travel

Apa Saja yang Saya Akan Lakukan di Karimunjawa?

Namanya sudah tidak terdengar asing lagi di telinga orang Indonesia khususnya orang-orang yang hidup matinya di Pulau Jawa. Mulai dari kelas backpacker sampai luxury traveler pasti sudah pernah tahu tentang pesonanya dan mungkin juga sudah pernah menjejakkan kaki disana.

Kata orang Karimunjawa adalah surga bahari di Pulau Jawa. Surga, yang berarti sebuah tempat yang sangat indah dan tidak ada yang bisa menyainginya. Bahari, artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Jadi, Karimunjawa adalah suatu tempat di laut di Jawa yang keindahannya tidak tertandingi.

Kata orang lagi, Karimunjawa dijuluki sebagai Caribbean van Java atau Karibianya Pulau Jawa. Kalau kita berkaca pada Karibia yang ada di bagian tengah benua Amerika itu, berarti Karimunjawa memiliki pantai-pantai panjang yang landai dengan airnya yang jernih dan pulau-pulau hijau sebagai latar belakangnya.

Kenapa semua katanya katanya? Karena saya sendiri belum pernah sama sekali kesana. Menyedihkan, padahal sebagian besar hidup saya dihabiskan di Pulau Jawa dan berjarak tidak jauh dari tempat saya tinggal. Sebagai penduduk Pulau Jawa yang setia, di sisa tahun ini pasti saya akan kesana. Apa saja sih kira-kira yang saya akan lakukan disana dan apa saja hal-hal menarik di wisata Karimunjawa? Simak daftar berikut ini!

1. Berenang Sama Hiu di Pulau Menjangan Besar.

Pulau Menjangan Besar Karimunjawa
Berenang bersama Hiu di Menjangan Besar. Sumber : Disini

Apa? Berenang sama hiu? Apa tidak digigit? Apakah tidak menyeramkan? Bukankah hiu hanya ada di laut yang dalam? Tidak, tidak, anda tidak akan digigit atau diterkam oleh hiu, anda tidak perlu menyelam kedalam laut untuk menemukan hiu. Di Karimunjawa, ada satu tempat penangkaran yang berisi hiu-hiu jinak yang tidak akan mengigit anda jika berenang bersamanya. Katanya sih wisata ini hanya ada di Karimunjawa lho!

2. Melihat Sunset di Pantai Ujung Gelam

Pnatai Ujung Gelam Karimunjawa
Sunset di Pantai Ujung Gelam. Sumber : Disini

Traveling di pulau tidak komplit rasanya jika tidak melihat sunrise di pantai. Di Karimunjawa ada pantai namanya Ujung Gelam. Sepertinya namanya, pantai ini terletak di ujung pulau utama. Sunsetnya kata orang sangat eksotis dan indah, apalagi menikmatinya bersama pasangan #jleb

3. Selfie-an di Gosong Tengah laut

Gosong karimunjawa
Pulau Gosong. Sumber : Disini

Selfie di gosong? Maunya apa sih! Bukan-bukan, ini maksudnya di sebuah daratan pasir yang timbul di tengah laut dikala laut sedang surut. Keren banget kan bisa merasakan main-main air dan foto-foto di tengah laut?

4. Snorkeling di Pulau Cilik

Karimunjawa
Pulau Cilik. Sumber : Disini

Namanya memang cilik alias kecil, tapi untuk urusan alam bawah lautnya jangan di underestimate deh. Katanya pulau ini punya karang yang bagus dan ikan-ikan warna-warninya yang super banyak! Saya tidak sabar bisa foto-foto bersama ikan-ikan yang mengerubungi saya.

5. Jalan-jalan di Hutan Mangrove

Hutan mangrove Karimunjawa
Hutan Mangrove Karimunjawa. Sumber : Disini

Taman Nasional Karimunjawa katanya punya hutan-hutan mangrove yang lebat. Kehadirannya merupakan tanda bahwa kelestarian alamnya terjaga dan aman. Kalau bisa kesana, ini merupakan pengalaman pertama saya bisa jalan-jalan di tengah-tengah hutan mangrove, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik!

6. Menikmati Pesona Karimunjawa dari Bukit Cinta

Bukit Cinta Karimunjawa
Bukit Cinta

Bukit ini bukan bukit kepunyaan si Cinta. Bukan juga hadiah pemberian Rangga untuk Cinta. Tapi, Bukit Cinta ini ada di Karimunjawa dan jika kesana katanya saya bisa melihat pemandangan gugusan pulau-pulau yang ada di Karimunjawa. Ada juga dua buah tugu yang membentuk tulisan LOVE dan KARIMUNJAWA. Tenang saja, bukit ini katanya aman buat jomblo #walah

Itu dia daftar hal-hal yang saya akan lakukan kalau berkesempatan traveling ke Karimunjawa. Apalagi kalau traveling kesana bersama keluarga atau teman-teman sepermainan, pasti Karimunjawa menjadi liburan yang menyenangkan dan mengasyikan. Oh iya, mudah-mudahan saya tidak lupa beli oleh-oleh kaos khas Karimunjawa, walaupun sebenarnya oleh-oleh terbaik itu adalah foto-foto selama liburan dan selamat kembali berkumpul dengan keluarga dan teman-teman!

-The Spiffy Traveller-

Advertisements

26 thoughts on “Apa Saja yang Saya Akan Lakukan di Karimunjawa?”

  1. Aku dua kali ke Karimunjawa. Yang pertama masih single sama teman2, yang kedua bulan madu sama suami. Pernah posting ini di blog. Selain menikmati Karimunjawa dengan berperahu, bisa mengelilingi pulau karimunjawa juga dengan menyewa sepeda motor. Itu yg kami lakukan. Dan jangan lupa kulineran di sana, ikannya segar2 dan enak banget. Semoga kesampaian suatu saat ke Karimunjawa.

    Like

  2. keren ya Karimunjawa ini, belum pernah kesana soalnya solo traveler klo maen ke pulau jatuhnya biayanya lebih besar nah pengen yg open trip gitu tapi waktu cutinya gak cocok karena ngeliat musim juga kalo mau ke Karimun

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s