Nemo at Bomba Atoll Togean
Beach, Hidden Paradise, Island, Snorkeling, Sulawesi

Snorkeling in Bomba Atoll

Pagi itu langit sedikit berawan. Sinar matahari bersinar sangat terang dan laut tidak menunjukkan gelombangnya sedikit pun. Itu tandanya buat saya dan keluarga untuk memulai perjalanan ke salah satu tempat snorkeling pada hari itu di tengah laut. Tengah laut? Ya, lokasi ini berada di tengah lautan luas, lumayan jauh jaraknya dari pulau terdekat. Nama lokasi ini adalah Bomba Atoll. Atoll berarti nama dari jenis karang, yaitu karang cincin, karang yang timbul di tengah-tengah laut. Lokasi ini berjarak sekitar 45 menit dari Pulau Poya, Bomba, dimana kami menginap.

Di Togean, saya bisa menemui 4 jenis karang, yaituย karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), karang tepi (fringing reef), dan karang cincin (atoll). Kepulauan ini merupakan bagian yang sangat penting dalam segitiga karang dunia, selain karena lokasinya yang berada di tengah Togean juga memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Bomba Atoll

“Kalau pergi lebih pagi sebelum matahari terbit kita bisa lihat atraksi lumba-lumba di tengah jalan ke Bomba Atoll”, ucap Pak Ambi.

Sempat senang sekali pada saat Pak Ambi memberitahu itu. Tapi sayangnya saat mau berangkat waktu sudah menunjukkan pukul 06.30 yang berarti matahari sudah mulai muncul. Perlu diketahui bahwa lumba-lumba tidak suka panas, mereka takut sinar matahari.

Sesampainya saya di Bomba Atoll, perahu berhenti dan melepaskan jangkarnya agar tidak terbawa ombak. Saya bersama adik dan kakak segera menyiapkan peralatan lalu langsung menceburkan diri ke air. Kejernihan airnya tidak usah ditanyakan lagi, dengan ombak dan arus yang sedikit kencang air tetap tetap jernih seperti kaca.

Ikan-ikan berenang kesana-kemari, jumlahnya sangatlah banyak. Saking banyaknya saya jadi bingung yang mana ya yang perlu difoto? OK, foto saja semuanya. Dan tombol kamera pun dipencet tiap detiknya. Tidak kalah juga pemandangan wallnya yang menakjubkan dengan warna biru yang gelap.

Karang-karang disini kondisinya sangat sehat sekali. Tidak ada terlihat kerusakan sedikit pun. Berbeda denganย Taupan Reef. Mungkin karena lokasi ini jauh dari kampung nelayan jadi atoll ini masih terjaga dari kerusakan. Tadinya saya ingin sekali supaya bisa melihat penyu yang sedang berenang atau ikan yang besar seperti hiu dan barakuda, tapi saya tidak menemukannya.

Mungkin harus menyelam lebih dalam lagi agar ketemu. Atau sayanya saja yang kurang lama mengeksplorasi atoll ini, kurang lebih hanya sekitar 1,5 jam. Snorkeling di atoll sangat mengasyikan. Ini adalah pengalaman saya yang pertama snorkeling di atoll.

Hmm.. Apalagi ya? Namanya juga masih awam dalam urusan ekosistem bawah laut jadi saya cukup menikmati saja keindahannya, toh yang penting tidak merusak ekosistem ini.

Berikut foto-foto bawah laut di Bomba Atoll. Semua difoto dengan kamera Nikon Coolpix S31 dengan sedikit edit contras dan brightness. Selamat berkhayal ya! ๐Ÿ˜€

Bomba Atoll
soft corals
Bomba Atoll
like a tropical forest but underwater
DSCN1083
Amazed with super clear water
DSCN1126
Baru kali ini melihat karang berwujud seperti batu besar ini

Bomba Atoll Togean

Nemo at Bomba Atoll Togean
Nemo! Tak pernah bosan dengan ikan yang satu ini
DSCN1098
Meskkipun kecil tapi bintang laut ini menarik perhatian saya dari jauh
Bomba Atoll, Togean
Healthy Coral garden

Bomba Atoll Togean

 

Bomba Atoll To

Let’s Explore The Beauty of Indonesia!

-The Spiffy Traveller-

Travel Notes :

  1. Rute tercepat dari Jakarta Kep. Togean dapat dicapai dengan pesawat rute Jakarta-Makassar-Luwuk (4 jam-an) dengan harga tiket kisaran Rp 1.000.000-1.500.000 sekali jalan (Lion or Sriwijaya). Kemudian menyewa mobil untuk Luwuk-Ampana selama 6 jam dengan harga sekitar Rp 1.000.000,- sekali jalan (bisa ditawar sampe rp 650 rb-an). Naik speedboat umum dari pelabuhan seharga Rp 120.000,- (waktu tergantung tujuan, Bomba:40 menit; Wakai:1,5 jam-an). Jika menggunakan kapal rakyat, semua waktu bertambah 2 jam.
  2. FYI, sekarang sudah ada penerbangan langsung Makassar-Ampana yang hanya dilayani oleh maskapai Wings Air. Jadi tidak perlu lagi transit di Luwuk.
  3. Penginapan ada banyak, tergantung lokasi yang diinginkan. Untuk daerah Bomba/Batudaka rekomendasinyaย Poya Lisa Cottages, no tlp.ย + 62 82349951833 (Pak Edy) Pak Edy orang yang sangat baik, selain untuk pemesanan Poya Lisa, beliau bisa mengatur perjalanan selama dari dan ke Togean. Bagi yang ingin menghubungi Pak Ambi bisa diย 082312784872 ย Penginapan lainnya sepertiย Kadidiri Paradiseย danย Sifa Cottages. Semua penginapan tadi adalah milik lokal.
  4. Makanan dan minuman sudah termasuk dalam paket penginapan. Tapi ada baiknya jika membawa snack dan minuman tambahan. Bagi yang vegetarian sangat bisa, caranya tinggal meminta dibuatkan makanan khusus pada hari sebelumnya.
  5. Membawa peralatan snorkeling sangat dianjurkan karena tidak semua penginapan punya peralatan yang memadai. Jika ingin diving ada Dive Center seperti Bomba Divers (Bomba), dive center yang baru sangat dekat dengan Poya Lisa dan lainnya menyatu sama penginapan.
  6. Bawa uang tunai yang cukup selama di Togean, disana tidak ada sama sekali ATM dan alat penerangan seperti senter.
  7. Ada baiknya menyiapkan obat nyamuk pribadi dan minum anti malaria (optional), Sulawesi Tengah termasuk daerah endemik malaria.
  8. Sulawesi Tengah, khususnya Togean, hampir tidak dipengaruhi kondisi cuaca pada umunya. Misalnya seperti waktu awal bulan februari lalu, yang daerah lain diguyur hujan, saya selama 5 hari disana hujan hanya sekali itupun hanya sebentar, hanya gelombang laut saja yang menghalangi. Jadi bisa dibilang Togean bisa kapan saja dikunjungi๐Ÿ˜€ .

 

Advertisements

46 thoughts on “Snorkeling in Bomba Atoll”

  1. Waaah keren banget, kondisi karangnya bagus-bagus dan tampak sehat.

    Btw dirimu tinggal di Togean? Beruntungnya. So kalau aku main kesana kita bisa kopdar dan koplaut yaaa? Pengen banget main ke Togean. Kayaknya kalau aku kesini, bakal frediving terus berhari-hari ๐Ÿ™‚

    O iya sedikit saran aja untuk editing ringannya, setelah gambar dibuka di Photoshop, coba pakai menu auto tone, auto contrast dan auto color. Biasanya warnanya akan terlihat lebih natural. Terutama untuk foto-foto yang sudah agak kebiruan karena diambil agak dalam.

    Liked by 1 person

  2. hahaha aku tinggal di jakarta mas, itu kata “tinggal” maksudnya nginep disitu selama di Togean ๐Ÿ˜€ maaf kalo kata nya jadi ambigu ya hehe
    di Togean mah ga bakalan bosen maen air..suerr
    Iya, terima kasih atas sarannya. Itu edit fotonya cuma pake auto contrast, berarti tinggal ditambahin auto yg lain ya.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s