Traveller Sehat dan Bugar
Review, Tips, Travel

5 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Siapa yang ingin tubuhnya selalu dalam keadaan sehat & bugar? Pasti semua orang ingin kan? Terutama bagi traveler yang suka bepergian kemana-mana, baik yang berpetualang di alam maupun hanya sekadar jalan-jalan keliling kota, kesehatan merupakan hal nomor wahid. Percuma dong kalau jalan-jalan tapi tubuh tidak fit? Bisa-bisa semua rencana gagal dan kita hanya bisa duduk bengong melihat orang bersenang-senang.

Kali ini saya akan membagikan 5 tips untuk menjaga tubuh tetap bugar khususnya bagi traveler, Bagaimana sih caranya agar tubuh tetap sehat? Simak tips-tips berikut ini!

1. Nutrisi Yang Baik.

Nutrisi
Nutrisi (Sumber)

Beberapa tahun belakangan, tips yang pertama ini mulai banyak diperhatikan. Nutrisi dianggap penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Nutrisi didapatkan dari makanan yang kita makan. Apabila makanan yang dimakan tidak sehat maka nutrisi yang terkandung di dalamnya juga sedikit dan kurang untuk keperluan tubuh, bahkan malah menjadi bumerang bagi kesehatan.

Bagaimana sih makanan yang sehat itu? Makanan yang sehat itu yang bebas dari bahan-bahan kimia, fresh, dan higienis. Mungkin poin yang pertama agak susah kita dapatkan. Di zaman yang serba instant hampir semua makanan menggunakan bahan kimia.

Untuk itu kita harus memakan makanan yang bisa melawan dan mencegah efek negatifnya. Apakah itu? Makanlah banyak buah-buahan dan sayuran segar. Jenis makanan ini terkandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, selain itu buah dan sayuran banyak mengandung anti-oksidan dan vitamin C yang menunjang tubuh agar selalu fit.

2. Air Minum Yang Cukup.

Air Minum
Air Minum (Sumber)

Tahukah bahwa tubuh kita ini terdiri dari 80% air? Karena air adalah komponen penting di tubuh kita, maka dari itu kita harus menjaga agar pasokan air yang masuk ke dalam tubuh haru selalu cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Kalau lebih nanti buang air kecil terus-terusan, kan repot. Kalau kurang, nanti akibatnya pikiran tidak fokus, badan terasa lemas, bibir kering, bau mulut! dan lama-kelamaan berakibat tidak baik untuk ginjal.

Dosis air yang disarankan adalah minimal sebanyak 8 gelas sehari. Jika masih dirasa belum 8 gelas air minum sehari ada baiknya menambahkannya. Air putih atau air mineral jangan disamakan dengan jenis air minuman lainnya ya.

3. Udara Yang Bersih.

Udara Bersih
Udara Bersih (Sumber)

Nah ini salah satu keuntungan para traveler yang suka berpetualang di alam terbuka. Mendapatkan udara yang bersih bukan masalah berat dibandingkan orang yang hidup di kota-kota besar. Di kota besar udara sudah bisa dikatakan tidak layak untuk dihirup, udara sudah dicemari oleh berbagai kotoran yang bisa merusak paru-paru.

Udara bersih tidak mengandung kotoran, baik itu polusi dari kendaraan bermotor dan debu. Bagaimana cara mensiasatinya? Pertama, pakailah masker saat beraktifitas di luar ruangan terutama pada saat kita berjalan di pinggir jalan. Kedua, seringlah pergi ke alam terbuka atau ke tempat yang udaranya masih layak dihirup. Mudah kan?

4. Istirahat Yang Cukup.

Istirahat
Istirahat (Sumber)

Terkadang saking asyiknya jalan-jalan atau menulis blog (aduh) kita sampai lupa untuk istirahat. Tapi ini tidak berlaku bagi yang kerjaannya memang cuma tidur *upss. Istirahat itu sangat penting, pada saat istirahat tubuh kita kembali memproduksi sel-sel baru, memperbaiki yang rusak dan melakukan proses pembersihan tubuh. Apalagi buat yang masih dalam fase pertumbuhan, istirahat adalah hal yang sangat vital.

Menurut National Sleep Foundation (NFC), durasi jam istirahat yang baik berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dari aktifitas yang dilakukan. Untuk orang dewasa minimal adalah 7 jam. Kurang istirahat awal dari beragam penyakit lho, tubuh akan lemah karena kurang istirahat dan akhirnya bisa jatuh sakit. Mulai sekarang sediakan waktu yang cukup ya buat istirahat!

5. Olahraga Teratur.

Olahraga
Olahraga (Sumber)

Di zaman yang semakin membuat manusia super sibuk, olahraga nampaknya mulai di nomor duakan. Padahal olahraga itu berperan penting untuk tubuh. Percuma jika melakukan tips-tips yang sebelumnya sudah dibahas kalau tidak dibarengi dengan olahraga.

Olahraga setiap hari merupakan hal yang wajib dilakukan jika memungkinkan. Ambilah waktu minimal 30 menit dalam sehari. Menurut pakar kesehatan salah satu olahraga yang terbaik adalah jalan kaki atau jogging. Jogging dapat menggerakkan seluruh tubuh dan mudah untuk melakukannya di sela-sela aktifitas yang lain.

Nah, untuk melakukan olahraga ataupun jogging diperlukan pakaian yang sesuai agar tubuh tetap nyaman dalam berolahraga. Salah satunya adalah menggunakan celana training. Celana training terbuat dari bahan polyester atau katun yang membuatnya jadi ringan dan nyaman dipakai.

Bagi yang belum punya celana training bisa coba cek di Zalora, toko fashion online terbesar dan terlengkap di Indonesia. Berbagai koleksi Celana Training di Zalora ini pasti cocok dan pas buat kamu yang ingin berolahraga!

Itulah tips-tips mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat saat traveling. Semua tips ini saling berhubungan, jika satu saja dilewatkan ya hasilnya tidak maksimal. Oh iya, jangan lupa untuk selalu tersenyum ya. Tubuh sehat, traveling lancar! Selamat mencoba!

-The Spiffy Traveller-

 

Advertisements

48 thoughts on “5 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar”

  1. Nah klo saya suka jajan buah-buahan ketika jalan-jalan, pisang paling penting.
    Satu lagi jangan jajan makanan yg pedas dan mentah, klo nggak kuat bisa mencret. Untungnya perutku perut sampah jadi aman wkwkwkw. Gak makan pedes sehari rasanya galau 😀

    Liked by 1 person

  2. kalau gue sih istirahat yang cukup yang penting, jadi pas traveling usahakan
    tidur enak dulu hari pertama besok2 nya baru jalan2 dipuasin sama jgn lupa makan buah dan minum air putih yang banyak

    Liked by 1 person

  3. kalo lagi traveling ke 5 diatas sudah susah dilakukan kak…makan sering telat, minum kurang, olahraga apa lagi…tidur juga asal mejam…hahaah , namun yang pasti traveling bikin hati bahagia dan otak kembali fresh

    Liked by 1 person

  4. biasanya kalau traveling jadi kurang tidur yaa.. apalagi kalau agendanya banyak dan waktu singkat, berasa kekurangan terus tidurnya hehe alhasil dilampiaskan pas udah balik ke rumah 😀 salam kenal

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s