Umbul Ponggok
Hidden Paradise, Jawa, Jawa Tengah, Snorkeling, Travel

Sensasi Snorkeling di Umbul Ponggok

Melihat foto-foto orang snorkeling di media sosial dengan ikan-ikan di Klaten membuat saya bingung dan penasaran,

kok di Klaten yang letaknya di tengah-tengah pulau Jawa bisa snorkeling?”

Pikiran saya pun dipenuhi rasa penasaran, maklum, pada saat itu saya pikir bahwa snorkeling itu biasanya di laut.ย Momen pada saat itu sepertinya sangat pas buat saya karena di bulan ini adalah libur kuliah dan keluarga saya berencana untuk mengunjungi sanak saudara di Jawa Tengah.

Umbul Ponggok
Umbul Ponggok ini letaknya di pinggir jalan, jadi tidak susah untuk ditemukan
Umbul Ponggok, Klaten
Pintu masuk ke dalam umbul..

Umbul Ponggok ini lokasinya menurut peta berada di Klaten, sangat dekat dengan kota Solo. Kenapa dinamakan umbul, karena dalam bahasa jawa umbul berarti “mata air”, dan Ponggok karena mata air ini berada di desa Ponggok, jadi Umbul Ponggok artinya adalah mata air yang berada di desa Ponggok #soktau.

Umbul Ponggok
seperti lagi di laut rasanya

Umbul ini, sekilas mirip kolam renang umum seperti biasanya, ada penjaga kolam, orang berenang, penyewaan ban, dan toilet, apalagi umbul ini tuh jaraknya dengan jalanan bisa dibilang sangat dekat. Tapi, begitu saya menceburkan diri, dalam sekejap berubah semua pikiran yang ada di kepala ini, keren banget! Sesaat itu juga terbayang sedang snorkeling di laut, ya, sangat menyerupai laut! kenapa? karena airnya jernih dan banyak ikan yang hidup disini, ada kecebongย  ikan mas, koi, gurame, dan banyak lagi..

Kalau berenang atauย snorkeling disini jangan lupa untuk berfoto dengan objek di bawah air seperti kursi yang sengaja ditenggelamkan. Bahkan kalau melihat-lihat foto-foto di sosmed ada yang berfoto di dalam tenda di dalam air dan mengendarai motor, sayang, pada waktu itu tidak ada.

Umbul Ponggok, Klaten
pose duduk di kursi

Terasa segar karena air di umbul ini dingin sekali menurut saya, padahal kolam mata air ini bukanlah terletak di gunung ataupun di dekat gunung melainkan di dataran rendah yang panas! Makanya saya waktu sudah kedinginan langsung ke pinggir kolam dan menjemur badan sebentar supaya hangat kembali ๐Ÿ˜€

Umbul Ponggok, Klaten
pada saat masih sepi pengunjung

ohiya, disini juga ada penyewaan kamera bawah air buat yang mungkin belum punya atau lupa bawa, ada juga penyewaan peralatan snorkeling dan pelampung, kalau mau hemat ya bawa sendiri seperti saya.

Masuk ke tempat ini saya terkesan akan kebersihan dan perawatannya, mulai dari pintu masuk sampai toilet pun sangat bersih dan terjaga tidak seperti objek-objek wisata lainnya yang cenderung kurang dalam kebersihannya.ย Tempat wisata Umbul Ponggok ini dikelola oleh masyarakat desa disitu, jadi semacam BUMD atau badan usaha milik desa.

Dengan merogoh kocek hanya sekecil Rp 5000, saya sudah bisa menikmati keindahan atas bawah umbul ini, sangat murah bukan? coba bandingkan dengan kolam berenang seperti empang waterpark atau apalah itu yang harga tiket masuknya bisa untuk beli paket internet satu bulan *lah.

Tips dari saya kalau ke umbul Ponggok ini harus sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 3 sore supaya tidak ramai, soalnya banyaknya orang yang berenang juga mempengaruhi kejernihan air dan pastinya semakin sepi akan memudahkan untuk foto-foto dalam air.

Selain umbul ini banyak umbul-umbul lainnya disekitar yang ga kalah menarik di Klaten, pantas saja kota ini dijuluki dengan kota mata air..

Mudah-mudahan objek wisata ini bisa terus lestari dan terhindar dari perilaku buruk orang-orang yang tak bertanggung jawab! hehe ๐Ÿ˜€

 

Let’s Explore the Beauty of Indonesia!

-The Spiffy Traveller-

Advertisements

47 thoughts on “Sensasi Snorkeling di Umbul Ponggok”

  1. Umbul Ponggok ini memang terkenal banget banget! Teman-teman saya sudah banyak foto-foto seru di sini Mas :hehe, saya juga pengen banget, cuma sayang, belum bisa berenang :malu.
    Bersih dan jernihnya itu memang nggak nahan, ini airnya kayaknya bersumber dari gunung gitu, ya. Saya sempat baca cerita kalau ini juga pemandian dari masa Mataram kuno, hm, mesti datang ke sana buat membuktikan sendiri. Meski tak ikut menyelam, bolehlah ya… :hehe.

    Like

  2. itu yang duduk di dasar pake kursi bisaan ya, idenya mantep. ini kok keren banget sih Umbul Ponggok, saya yang deket situ malah belum ke sana, sayang banget… oke fix bulan ini harus kesana nih.

    Like

  3. Aku mau datang nya tengah malem aja biar sepi hahaha
    Btw cuman kasih saran aja yaaa, side bar kiri nya terlalu lebar jadi pembaca akhir nya kurang nyaman & ngak fokus dengan materi nya/konten sesungguh nya
    Coba geser dikit, biar untuk side kiri nya lebih sedikit kecil

    Like

  4. tengah malem lebih ‘rame’ loh..
    terima kasih banyak mas udah perhatian sama blog saya yg masih amatiran ini, saya langsung ke tkp buat perbaikin side barnya ๐Ÿ™‚

    Like

  5. Wah ternyata sudah lebih rapi ya pengelolaan dan penataannya, aku pikir masih alami gitu. Sejak awal mula dengar soal Umbul Ponggok ini sampai sekarang ramai dikunjungi orang, aku malah belum kesampaian main-main air di sini. Cuma ada satu hal yang agak mengganggu -menurutku pribadi- soal kolam mata air satu ini. Yaitu, banyaknya foto yang beredar tentang selfie di bawah airnya dengan memasukkan segala benda yang bukan pada tempatnya. Cuma khawatir aja, kalau hal itu dianggap lumrah, nanti orang berusaha melakukan hal yang sama dimana-mana, terutama di badan-badan air alami ๐Ÿ™‚

    Like

  6. iya, sebelum kesana, aku kira tempatnya ya sederhana dan belum ada fasilitas-fasilitas pendukung, eh ternyata sudah bagus dan sangat bersih. Benar juga sih mas, lama kelamaan semua mata air yang ada dijadiin tempat wisata dan nanti juga bisa tercemar, apalagi wisatawan Indo predikatnya masih kurang baik terhadap lingkungan. kalo soal bendanya waktu itu bahkan ada yang masukin motor sampe tenda segala haha

    Liked by 1 person

  7. Tempat yang lagi hits banget. Tapi lama-lama malah mengkhawatirkan. Udah macam-macam barang dimasukkin ke kolam untuk kepentingan narsis. Orang-orang jadinya ke sana cuma buat foto-foto, bukan untuk olahraga dan rekreasi. ๐Ÿ˜€

    Like

  8. di kabupaten malang juga lagi muncul nih sumber2 yg ngehits gini. tapi belum sampe nyeburin motor ke air sih. turunnya lumayan jauh dari jalan biasanya. cape mungkin yg ngangkut motor basah2. #halah.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s