Sunriseat Gili Nanggu
Beach, Hidden Paradise, Island, Lombok, Sunrise, Sunset, Travel

Lost in Gili Nanggu

Sunny Morning at Gili Nanggu
Seperti lukisan yang bukan main indahnya.

Pasir putih yang lembut, pemandangan bawah laut yang menakjubkan, suasana yang asri dan tenang, tersembunyi dari keramaian, ya, itulah pujian yang pantas disematkan untuk Gili Nanggu, sedikit berlebihan tetapi memang begitu adanya.

DSCN0199
Pemandangan sehari-hari di Gili Nanggu

Pulau kecil yang ukurannya mungkin hanya seluas lapangan bola. Dengan ukuran yg sedemikian kecil, Gili Nanggu bisa menghipnotis saya. Mau lihat sunset? sunrise? snorkeling? atau selfie-an di pantai putih nan cantik? bisa!

Gili Nanggu, Lombok
Pantai-pantai yang ciamik

 

DSC_0356
Langit yang sangat bersih menjadi pemandangan sehari-hari

Yang saya suka dari pulau ini adalah keasrian dan ketenangannya ituloh! berasa pulau pribadi! Suara kendaraan bermotor tidak terdengar, apalagi suara mantan #baper

Gili Nanggu
View dari depan cottage yang tenang & asri

Perjalanan ke Gili Nanggu saya jalani bersama keluarga tercinta. Memang, pulau ini sangatlah direkomendasikan untuk keluarga ataupun tempat honeymoon, perlu diketahui bahwa sebagian besar (hampir semua) pengunjung disini adalah wisman alias turis luar negeri! Kalau melihat daftar tamunya, banyak dari Eropa dan Australia ada juga dari Amerika. Pulau unik nan cantik ini hanya terdapat satu penginapan yang tersedia, maka dari itu, booking dari jauh hari sangat disarankan.

Lokasi pulau ini sebenarnya sangat dekat sekali dengan daratan pulau Lombok, hanya sekitar 10 menit dengan perahu. Karena letak yang terhimpit pulau Lombok dan berada di teluk, laut disekitar Gili Nanggu sangatlah tenang dan hampir tidak ada arus, so, jangan khawatir bagi yang takut akan gelombang tinggi.

Apa saja yang saya lakukan di Gili Nanggu? Berikut kegiatan saya dan keluarga selama di Gili Nanggu.

1. Hunting Sunrise.

Melihat matahari terbit disini sangat unik, kenapa? karena biasanya jika melihat sunrise di pulau, kita melihat matahari terbit timbul lautan, tetapi disini matahari menampakkan dirinya dari balik pegunungan! Gunung Rinjani tepatnya.

Biasanya susah bangun pagi tapi kali ini saya memaksakan diri saya untuk bangun pagi hari. Usaha untuk bangun pagi terbayar dengan apa yang saya lihat.

“Mas…!! Cepat fotoin aku sama sunrisenya, yang bagus ya..ayo cepat keburu kesiangan”.

Teriak adik saya yang langsung menyerahkan smartphonenya ke saya.

Sunriseat Gili Nanggu
Beautiful Sunrise

Duduk di tepi pantai, sambil memandangi sang matahari yang mulai menampakkan diri sangatlah momen yang indah yang sayang untuk dilewatkan.

Sunrise at Gili Nanggu
Panorama yang sangat indah di pagi hari

2. Snorkeling melihat kehidupan bawah laut.

Tak dipungkiri lagi tujuan utama saya ke Gili Nanggu adalah untuk melakukan snorkeling. Pulau ini termasuk dalam kawasan konservasi laut yang disebut GITA NADA yang termasuk di dalamnya ada 4 pulau : Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak, Gili Kedis.

Snorkeling viewnya bagus sekali, ikan-ikannya sangat beragam dan jumlahnya sangat banyak, hanya terumbu karang yang sedikit rusak mungkin akibat  penangkapan ikan dengan cara yang salah, makanya tempat ini dijadikan kawasan konservasi untuk mengembalikan ekosistem bawah laut yang sehat.

Snorkeling at Gili Nanggu
snorkeling langsung di depan cottage

Ada 2 spot snorkeling di pulau ini, pertama, tempat yang banyak ditumbuhi oleh rumput-rumput laut dan tempat yang banyak terumbu karangnya. eits, jangan lupa untuk melihat penangkaran penyu di tepi pantai!

 

3. Menikmati Matahari Terbenam.

Setelah melihat sunrise dan snorkeling, saya pergi ke pantai di bagian lain yang menghadap ke barat untuk melihat matahari terbenam.

Selama menunggu sunset, saya dan keluarga melakukan jogging mengelilingi pulau, aktifitas yang satu ini harus dicoba jika berkunjung ke Gili Nanggu, dijamin anda akan disuguhi pemandangan luar biasa!

DSC_0288

DSC_0311
Karang-karang yang timbul akibat surutnya air laut menambah keindahan pantai.
Sunset, Indonesia
Sunset at Gili Nanggu

DSC_0314

Semakin sore dan  gelap, semakin terasa sekali kesunyiannya, suara burung pun tak terdengar. Dan matahari pun mulai tenggelam, meninggalkan seberkas cahaya yang indah, menakjubkan!

Kadang saya berpikir apakah 10 tahun mendatang tempat ini masih seindah sekarang? Mudah-mudahan alam ini masih akan terjaga sampai kapan pun.

Sunset at Gili Nanggu

 

Let’s Explore the Beauty of Indonesia!

-The Spiffy Traveller

 

Advertisements

24 thoughts on “Lost in Gili Nanggu”

  1. Lombok memang cakep kalau soal panorama pantai. Senja dan fajarnya sama-sama magis, membawa citarasa yang berbeda. Keren banget, apalagi diambil dengan teknik foto yang ciamik, makin terasa keindahannya. Ah, jadi pengen mudik nih, harus ke sana pokoknya :hihi!

    Mudah-mudahan 10 tahun lagi, tempat ini masih sama indahnya dengan hari ini Mas :hehe.

    Like

  2. Ya sya org lombok mas,,,jdi msh banyak tmpat yg indah utk di kunjungi,pantai,air terjun,juga budaya….apa lagi acara pesta,unik sekali…silahkan saudara”mengunjungi pulau lombok.

    Like

  3. Gili Nanggu memang asik, pengunjungnya pun gak terlalu banyak. Cuma sayangnya makanannya mahal ya, karena hanya satu-satunya yang menyediakan di pulau itu. Pengen sih balik lagi ke Gili Nanggu, asik buat nyepi 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s