Beach, Budaya, Hidden Paradise, Lombok, Travel

3 Tempat Wisata Budaya di Lombok yang Wajib Dikunjungi!

Tidak dipungkiri lagi pulau Lombok memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik yang sangat layak dikunjungi. Banyak daerah di pulau ini yang sangat bagus dan menunggu untuk kita eksplorasi lebih dalam lagi. Kali ini saya mengunjungi tempat-tempat dimana kita bisa melihat kebudayaan Lombok.

Lupakanlah sejenak Gili-gili eksotis yang sudah ramai dan pantai2 yang indah mari kita menengok kearifan budaya lokal di Lombok!

1. Melihat Kehidupan Masyarakat Tradisional Lombok di Desa Sade

Desa Sade, Lombok Tengah
Wajib fotoan disini biar eksis

Desa Sade terletak di Lombok Tengah dan berada di pinggir jalan menuju pantai Kuta, jadi sangatlah mudah dijangkau bagi wisatawan untuk kesana. Untuk ke desa ini saya menggunakan mobil sewa, supaya bisa sekalian menjelajah tepat lain (biar tidak repot).

Desa ini adalah tempat dimana kita bisa melihat kehidupan budaya suku Sasak, suku asli dari pulau Lombok dan rumah-rumah tradisional khas Sasak. Masyarakat di desa ini masih mempertahanan tradisi suku mereka loh..

Desa Sade, Lombok
Pintu masuk desa

Masyarakat desa sebagian besar bekerja sebagai petani, tetapi kata guide saya, setelah desa Sade menjadi salah satu objek wisata, sebagian bekerja di bidang pariwisata.

DSC_0451

Ketika saya memasuki desa ini, saya langsung disambut hangat oleh penduduk yang sudah siap memandu saya untuk mengetahui lebih jauh tentang desa Sade. Tidak ketinggalan pula banyak anak-anak yang menawarkan hasil kerajinan mereka.

Yang menarik dari desa ini adalah bangunan rumah adatnya yang masih asli, ada bangunan yang dikhususkan untuk tempat tinggal alias rumah dan bangunan sebagai lumbung untuk menyimpan hasil bumi seperti padi.

rumah-rumah ini atapnya terbuat dari jerami atau alang-alang kering dengan dinding terbuat dari anyaman bambu, dan yang menarik yaitu lantai dari rumah tersebut terbuat dari kotoran kerbau dicampur dengan tanah dan jerami! tenang saja tidak akan tercium bau yang tidak sedap hehe..

DSC_0453
Rumah-rumah di Desa Sade

 

2. Pusat Kerajinan Kain Tenun Khas Lombok di Desa Sukarara

Tak jauh dari Desa Sade, ada desa yang terkenal akan kerajinan kain-kain tenun khas lombok, yaitu Desa Sukarara. Ketika memasuki desa ini, mata akan disuguhi rak-rak yang penuh warna, ya, kain khas lombok ini motifnya sangat berwarna sehingga terlihat indah.

Tidak hanya kain saja yang dijual disini, ada juga kerajinan-kerajinan tangan yang tentunya khas Lombok. Cocok untuk oleh-oleh atau yang suka koleksi kerajinan daerah, selain itu dengan kita membeli itu juga turut membantu para pengrajin dan masyarakat disana untuk lebih maju.

Kain Tenun Khas Lombok

Proses pembuatan kain tenun ini semuanya menggunakan peralatan tradisional dan pakai pewarna alami, makanya warna kainnya cerah-cerah. Karna proses pembuatannya rumit dan memakan waktu lama maka wajar saja kain-kain ini dibanderol mulai dari ratus ribuan hingga jutaan.

Kain Tenun khas Lombok

Selain bisa melihat dan membeli kerajinan kain khas Lombok ini, kita juga bisa mencoba untuk belajar membuat kainnya. Para pengrajin pasti akan dengan senang hati mengajarkan cara-cara membuatnya!

IMG_20140718_212643
Pengrajin kain tenun

3. Mengunjungi Sentra Pembuatan Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek

Kalau Desa Sade adalah tempat untuk melihat rumah adat, dan Desa Sukarara tempat untuk melihat kain tenun, maka Desa Banyumulek tempat kita bisa melihat kerajinan gerabah. Banyumulek ini merupakan sentranya gerabah di Lombok. Dari tempat inilah kerajinan gerabah meluas di Lombok. Desa yang berada di Lombok Barat ini berada tidak jauh dari pusat kota Mataram.

DSC_0375

Saya melihat banyak gerabah dengan berbagai bentuk, bahkan ada yang berukuran sangat besar. Selain gerabah disini banyak kerajinan tangan lain yang terbuat dari tanah liat, misalnya ada hiasan dinding, pajangan, vas bunga, gantung kunci, dan banyak lagi!

Desa Banyumulek

Bukan hanya melihat hasil dari kerajinan saja, saya juga melihat pengrajin yang sedang membuat gerabah.

Gerabah di Desa Banyumulek
gerabah sebelum dijual

Tak heran mengapa desa ini menjadi pusat kerajinan gerabah karena tanah liat yang adalah bahan baku utama pembuatan gerabah sangat mudah didapat disekitar desa.

Inilah 3 dari banyak tempat wisata budaya yang wajib dikunjungi, menurut versi saya.

Mungkin ada tempat-tempat budaya menarik di Lombok selain yang sudah saya sebutkan? silahkan tulis di komentar! 🙂

Mari lestarikan kearifan lokal dan budaya Indonesia!

-The Spiffy Traveller-

 

Advertisements

16 thoughts on “3 Tempat Wisata Budaya di Lombok yang Wajib Dikunjungi!”

  1. Kalau mau pilih sih… saya lebih suka ke tempat tempat budaya kayak gini dibanding ke Pantai. Udah pernah ke Lombok… tapi belum pernah eksplor tempat tempat keren kayak gini.
    Keren postingannya browww… 👍

    Liked by 1 person

  2. Rumah-rumahnya masih alami banget, adat istiadatnya juga masih terjaga kayaknya, gak seperti di Jawa nih, rumah adat joglo sudah sangat jarang banget.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s