Gili Meno
Beach, Hidden Paradise, Lombok, Snorkeling, Travel

Gili Meno and Gili Air Underwater Paradise

“The sea called my soul and i answer it with all my heart”

Mungkin kalimat tersebut cocok untuk saya. Ya, kalau ada kesempatan untuk traveling atau liburan pasti saya akan lebih memilih laut sebagai destinasi utama.

Pada kesempatan kali ini saya mengunjungi sebuah pulau terletak di Lombok, disebelah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air! Bila dibandingkan dengan tetangganya, kedua gili ini lebih sepi dan tidak ada hingar-bingar party ala-ala gili Trawangan.of course, saya memilih untuk menginap di gili Trawangan karena lebih banyak pilihan penginapan(murahnya).

Dari daratan Lombok ke pulau ini saya harus menyeberang lewat pelabuhan, namanya pelabuhan Bangsal. Perjalanan memakai kapal umum supaya murah, hanya sekitar Rp 10.000,- per orang pada saat itu. Diperlukan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ditempat tujuan (kalo kapalnya ga nyasar), dilanjutkan dengan kapal tour mengelilingi kedua gili ini.

 

DSCN0502
Fishes
DSCN0466
healthy corals

 

Untuk menuju gili Meno dan Air ini saya menaiki kapal sewa yang sudah termasuk dalam paket snorkeling. Banyak kok paket-paket snorkeling/diving tersedia di pulau.

Bagi yang ingin belajar diving pun ada juga untuk pengambilan sertifikatnya disini.

Underwater Gili Meno
a nemo without their anemon

 

Gili Meno

Tak sabar menceburkan diri lagi, saya langsung saja nyebur dann … tiba-tiba saya jadi terpesona akan keindahannya..

Visibility airnya sangat bagus sekali, jernih seperti sedang berenang di kolam renang saja. Apalagi ditambah drop off wallnya yang mengagumkan.

Gili Air
“a thousands of fish”

Di Gili Air ini banyak sekali ikan-ikannya. Sewaktu saya menceburkan diri, seketika itu juga ikan datang menghampiri saya, bukan puluhan apalagi satuan, tapi ratusan! Bukan hanya satu jenis ikan saja melainkan beberapa jenis.

Kelakuan ikan seperti ini biasanya karena sudah sering dikasih makan. Padahal menurut penelitian memberi makan ikan itu merusak ekosistem terumbu karang lho!

Gili Meno
looks like a brain

 

Kedua gili ini juga tempat untuk melihat apa ya?? Yap, penyu! Binatang dilindungi yang satu ini mudah ditemukan disekitar pulau, dan memang adalah salah satu objek yang menarik dari tempat ini.

But, sewaktu saya melihat ada penyu berenang di dekat laut yang agak dalam, kamera bawah air saya pas lagi gak ada di tangan. Nyesel sih, tapi lumayanlah paling tidak sudah melihat penyu untuk pertama kali! hehe 🙂

Gili Air Underwater

Pernah saya terbayang, snorkeling saja pemandangan yang didapat luar biasa apalagi diving ya? Tak sabar untuk mencobanya.

Gili Meno

 

Mari kita jaga selalu alam dimana pun kita berada!

 

Let’s Explore the Beauty of Indonesia

-The Spiffy Traveller-

28 thoughts on “Gili Meno and Gili Air Underwater Paradise”

  1. Ayooo ambil sertifikat diving nya di sini aja, 3 Gili ini termasuk tempat yang ideal untuk diving. Mulai dari yang pemula sampai advance ada tempatnya di sini. Pengen juga nih kapan-kapan balik lagi ke sini untuk diving 🙂

    Like

  2. Dulu pertama ke Lombok buat ke Rinjani sebenarnya niat mau singgah di tempat ini pas balik ke Malang. Tapi gak sempat, duitnya gak cukup 😀

    Liked by 1 person

Leave a Reply

