Bali, Beach, Hidden Paradise, Snorkeling, Sunrise, Travel

East Side of Bali : Amed

Bosan akan keramaian Pantai Kuta? atau penat akan kemacetan Denpasar? Apabila pergi ke Bali dan anda suka dengan pantai yang sepi dan bersih, jauh dari keramaian, berjemur sambil menikmati keindahan bawah laut, Amed adalah jawabannya!

Rice Field, Karangasem
Rice field near Amed

Amed terletak di bagian timur dari Bali di daerah karangasem dan bersebelahan dengan Tulamben yang terkenal akan Wreck Divingnya. Tetapi saya tidak membahas tentang Tulamben karena memang belum kesana 🙂 hehehe.

Pantai Jemeluk
Jemeluk Beach

Perjalanan ke Amed dari Denpasar memakan waktu sekitar 5 jam-an dengan mobil. Lokasi Amed agak masuk lebih dalam lagi dari jalan raya, inilah yang menyebabkan Amed sangat cocok untuk yang suka tempat sepi alias tidak ramai.

Sewaktu disana saya menginap di hotel yang terletak di Pantai Lipah. Di Amed sudah banyak penginapan mulai dari homestay sampai resort. Diseluruh pantai sekitar kita bisa melakukan aktivitas snorkeling, dan jangan khawatir karena banyak tersedia penyewaan peralatan snorkeling.

Sunrise at Jemeluk Beach
Sunrise at Lipah Beach

Aktivitas utama adalah diving dan snorkeling, tak jauh dari pantai Lipah ada spot Japanesse Wreck Dive yang terkenal itu. Japanesse wreck dive ini adalah kapan perang Jepang yang tenggelam pada waktu Perang Dunia ke-2. Operator diving banyak ditemukan di sekitar Amed.

Pemandangan bawah laut di pantai Jemeluk ini sangat indah walaupun terkadang agak keruh karena kondisi pasir yang bewarna hitam. Kita bisa menjumpai ikan dan hewan laut seperti Blue spotted sting-ray yang indah, ikan badut, bintang laut, sotong, dan banyak lagi (gatau nama jenis2 ikannya :D)

Bali Bhuana Hotel
Way to the beach from hotel

Selain melakukan aktivitas bawah laut, kita bisa ‘jalan-jalan cantik’ di pinggir pantai dan berfoto di spot yang telah disediakan dengan latar belakang Pantai jemeluk. Keunikan dari tempat ini kita bisa melihat sekaligus birunya lautan dengan kemegahan Gunung Agung.

Apabila pantai Kuta adalah tepat memburu sunset, Amed adalah surganya pemburu sunrise! Sunrise disini sangat ciamik karena berlatarbelakangkan Gunung Rinjani.

Sebelum matahari terbit dengan latar belakang Gunung Rinjani.
Before sunrise with Mt. Rinjani as the background

Tips :
1. Untuk makanan/snack saya sarankan unutk bawa sendiri (terutama yang Vegetarian) karena terakhir saya kesana hanya ada sedikit toko atau warung makanan, tergantung lokasi Hotel.
2. Siapkan uang cash yang banyak karena ATM jauh dari lokasi wisata.
3. Bawa kendaraan sendiri karena tidak ada kendaraan umum disekitar Amed.
4. Snorkeling gear bisa menyewa di pantai, sekitar Rp 40.000-an per hari (juli 2014).
5. Pilih penginapan yang berada di Pantai Jemeluk, anda akan dapat pemandangan dan spot snorkeling yang terbaik.

Selamat berlibur! Jagalah keindahan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menganggu kehidupan bawah laut dengan menyentuh karang.

Let’s Explore the Beauty of Indonesia!

Advertisements

2 thoughts on “East Side of Bali : Amed”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s